POLITIK

Himawan Susanto Aktivis Era ’80 Berjuang Untuk Kepentingan Warga Lewat

Jakarta – Himawan Sutanto (biasa dipanggil Japrak) seorang aktivis mahasiswa era ’80  mengawali karirnya dibidang politik praktis. Dia maju menjadi caleg dari Partai Demokrat nomor 8 dapil 4 Jakarta Timur (Pulogadung, Matraman dan Cakung).

Pengalaman sebagai aktivis yang melakukan advokasi kasus diberbagai daerah dan kemudian dia lakukan juga di daerah dapilnya RW. 7, Kp. Baru, Kayu Putih, Pulogadung. Disana telah terjadi penjualan aset jalan MHT ke pengembang dengan terbitnya SK. 1323 tahun 2017 yang ditanda tangani oleh Djarot Saiful Hidayat.

Bersama warga Himawan melakukan aksi ke Balaikota tanggal 23 November 2018 dan malamnya Gubernur Anies Baswedan langsung meninjau lokasi dan dialog dengan warga. Anies kemudian memerintahkan kepada Inspektoral Jendral untuk melakukan audit secara menyeluruh dan sampai sekarang belum ada perkembangannya dan warga bersama LBH Jakarta telah mengirimkan audiensi ke Gubernur pada tanggal 6 Maret 2019.

Tak hanya itu, naluri aktivisnya kemudian diminta datang dan dialog dengan warga Cakung Timur yang meminta ganti rugi atas penggusuran tanahnya untuk jalan Tol. Sehingga keberadaan dirinya sebagai caleg harus menunjukkan keberpihakannya kepada warga.

“Saya hanya ingin mengabdikan diri pada kepentingan warga, hingga warga bisa merasa memiliki wakil yang berpihak. Bukan wakil yang datang ketika butuh suara saja.”ujarnya di posko Klender.

Sebagai Aktivis Himawan juga pernah menjadi pembicara diskusi yang Gerakan Rakyat (Gertak) yang mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) tegas dan terbuka menolak koruptor menjadi calon legislatif.

“Korupsi adalah musuh kita bersama , kita tidak ingin demokrasi ini dinodai karena adanya eks atau mantan pelaku korupsi atau koruptor,” kata Frans, pembina Gertak saat konferensi pers  di Hasanah food center, Kawasan Industri pulogadung, Jakarta Timur. Kamis, (02/08/18)

Dari sinilah Himawan telah membuat dan memiliki 8 Program unggulan diantaranya adalah akan membuat TPA (Tempat Penitipan Anak) untuk buruh. Yang kemudian disambut dengan dukungan Forum Buruh Kawasan ( FBK) Pulogadung siap mendukung dan memenangkannya dalam pileg nanti. Semoga saja langkah Himawan dimudahkan dan bisa merealisasikan sebagai wakil rakyat yang berpihak.

Leave a Response